Thursday, December 6, 2012

No.277

Batik ada keahlian pemilik sepatu ini.
Kalau denger dia bercerita soal batik, rasanya campur aduk. Ada bangga, kagum, pengen punya, sedih, semua perasaan itu muncul jadi satu.

Buat aku, mbatik adalah salah satu art
paling keren yang dimiliki negara ini.

Ini yang bikin bangga dan kagum: Bayangin aja dari kain warna putih polos, lalu dengan menggunakan canting berisi
malam, pembatik mulai menorehkan motif batiknya sampai penuh semua kain itu. Lalu dimulailah proses pewarnaan. Bayangin kalau ada 5 warna di kain batik itu, maka akan ada 5x proses nyanting dan warnain dan inilah yang kita sebut dengan detail dan kerja keras. kebayang gak ngerjain sesuatu yang rumit seperti ini, kalau bukan passion dan cinta, apalagi coba? buat saya, pembatik adalah orang yang paling keren!!!

Lalu apa yang bikin sedih? Bahwa kenyataan anak muda jaman sekarang kurang appreciate kain ini. Semua ini bisa dimaklumi karena batik itu kesannya tua dan gak fun.

Tapi yang bikin sedih adalah orang-orang yang gak peduli batik tulis dan batik cap. Yang sengaja beli batik print dengan alasan murah dan lebih rapi.

Padahal kalau saja mereka tau, batik cap dan tulis ada yang harganya 100ribu kok. Dan mestinya kita semua berpikir bahwa 1 batik tulis atau cap yang kita beli adalah sedikit diri kita membantu hidup para pengrajin batik karena kenyataannya saat ini sudah banyak usaha batik yang tutup dikarenakan makin kesini generasi mudanya makin gak tertarik mbatik.

:(

Aku biasa belanja batik di sebuah tempat di Jakarta, disitu sering ada banyak pengrajin batik dari daerah, mereka jual batik cap seharga 50ribuan sampe ada yang mahal.

Kalau mengacu ke batik tulis yang ada di mall atau keluaran desainer terkenal, memang benar mahal berjuta-juta karena itu batik tulis halus kualitas nomor satu.

Tapi kan kalau mau buka mata, bisa aja beli yang terjangkau dan satu kain yang dibeli sudah membantu pengrajin itu.

Ada dua hal yang gue harap bisa gue lakukan: menggambar dan mbatik satu kain dengan banyak warna.

Gue gak bisa. Hanya bisa mengagumi saja... Gue harap art yang ini gak punah, gue harap masih ada anak muda yang mau nerusin art ini, karena batik ini terlalu keren untuk gak dinikmati banyak orang.

*andai semua peduli tapi kan selera orang gak bisa dipaksa dan itu kalau bukan their thing yaaaa acu bisa bilang apa?

No comments:

Post a Comment